Introspeksi

📖 Introspeksi Diri

Sekedar Renungan…
Sungguh aneh seseorang yang tatkala terkena musibah, dirampas hartanya… atau terusir dari kampungnya… atau hilangnya kenikmatan yang selama ini dibanggakannya… Lalu masih belum juga instropeksi diri atas kesalahan masa silam… 
Firman Allah “وَمَا أَصَابَكُم مِّن مُّصِيبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ وَيَعْفُو عَن كَثِيرٍ”

“Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu).”
Seakan-akan ayat ini tidak mencakup dirinya… Seakan-akan justru musibah tersebut malah membuktikan imannya yang tinggi ?!! Sungguh tatkala ia terkena musibah masih saja tersirat nuansa ujub dari dirinya, Musibah hendaknya disambut dengan istighfar dan instropeksi diri, bukan dengan bangga dan keras kepala, masih terus bangga dengan sikapnya selama ini… Yang hobi menjatuhkan saudara-saudaranya atau mencari-cari kesalahan saudaranya… atau memaksakan sesuatu yang bukan kesalahan sebagai suatu kesalahan, bahkan kebenaran yang ada pada suadaranya ditutup-tutupi dan digambarkan sebagai kesesatan ??
Hasad dimunculkannya dengan baju “nasehat”, dengki ditampakan dengan gaun “bernahi mungkar”. Jika ia tidak sadar dengan teguran Allah di dunia haruskah ia baru sadar jika baru ditegur di akhirat ???
(Nasehat buat penulis dan para pembaca)✒️ Ustadz Firanda Andirja, MA〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
#Ripet – with faisal
View on [Path](https://path.com/p/1UDgHm)

If I may sugest…

It’s your life…. It’s your choices….But if I may suggest, please choose happiness.By doing that you already get rid most of your problems.-bonie-

View on Path

Setuju?

Semakin tinggi kamu tumbuh dan berkembang dengan baik, akan semakin banyak buahnya….Semakin kenceng juga angin menerpa dan semakin banyak orang yg pengen maling buahnya, bahkan menebangmu….Tapi tenang…. Terus bagikan buah-buah terbaik kepada semua orang yang layak…. Setuju? – with you

View on Path

Rizal… Salah satu peserta Indonesian Idol Junior, 10thn. Sudah yatim piatu…

Pesan ibunya :
“Kalau ada yg berbuat jahat… Biarkan saja… Bukan karena Rizal ga berani, tapi biar ALLÂH yang bales”

Subhanallah….. Dhasyatnya pesen seorang ibu… 😭😭😭😭 – with you

View on Path

Prasangka

Repath from Pak @Lili

Seseorang SMS sahabat karibnya: “Bro, aku lagi butuh 500 ribu, penting banget, darurat. Please, tolong pinjami aku dulu”.

Sahabatnya membalas: “Tunggu barang setengah jam ya bro, insya Allah nanti aku transfer”.

Sudah lewat dari 1/2 jam . . satu jam . . tapi sahabatnya tidak juga memberi kabar.

Ketika ditelpon pun ternyata HP nya tidak aktif. Ia pun kecewa kepada sahabatnya itu. Ia merasa sahabatnya meninggalkannya. Bahkan setelah dua jam berlalu HP sahabatnya belum juga bisa dihubungi, tidak aktif!

Ia pun mengirim SMS kepada sahabatnya, isinya:”Selama ini aku tidak pernah mengecewakanmu bro. Selama ini kita saling bantu. Kita sudah seperti saudara. Tapi kenapa sekarang engkau lari dariku?! Apa salahku?!” Tapi status pengirimannya PENDING, belum terkirim.

15 menit kemudian, sahabatnya menelpon. Baru saja ia bertanya kepada sahabatnya kenapa tidak bisa dihubungi, tiba-tiba ada SMS masuk ke HP sahabatnya.

“Sebentar ya bro, aku matiin dulu, ada SMS masuk, aku takut ini SMS penting”. Ternyata SMS yg tadi dikirim, baru saja sampai ke HP sahabatnya itu. Setelah dibaca, sahabatnya menelpon kembali dan berkata: “Astaghfirullah, semoga Allah mengampunimu, brooo . . Aku tidak bermaksud mematikan HP untuk lari darimu. Aku mematikan HP karena aku sedang menjual HPku untuk membantu kebutuhanmu. Lalu, dari sisa penjualan, aku belikan HP second agar bisa menghubungimu”.

Sahabat …Manusia hari ini suka bersangka-sangka..Ada sangkaan baik…dan ada sangkaan buruk…Orang rajin beribadah disangka riak orang yang bersantai disangka malas orang yang pakai baju baru disangka pamer orang yang pakai baju buruk disangka tidak hormat prang makan banyak disangka rakus orang makan sedikit disangka “diet” ketat orang baik disangka buruk orang buruk disangka baik orang tersenyum disangka mengejek orang masam disangka menyindir orang mengkritik disangka mengumpat orang diam disangka menyendiri orang menawan disangka pakai susuk Siapa tahu..Yang diam itu karena berzikir kepada Allah, Siapa tahu…Yang tersenyum itu karena bersedekah, Siapa tahu…Yang bermuka masam itu karena mengenangkan dosa-dosanya….Sipa tahu…Yang menawan itu karena bersih hati dan fikirannya, Siapa tahu…Yang ceria itu karena cerdas fikirannya & senantiasa mengingat Allah…Sahabat…Mari….Hilangkan fikiran negatif….Kembangkan energi positif…Agar hidup ini lebih inspiratif….Semoga Bermanfaat.

View on Path

#ThinkBig

“Kita akan mendapatkan apa yang kita pikirkan” percaya ?

Pernah ga kamu merasa ga sanggup melakukan sesuatu sampai akhirnya kamu melakukannya dengan, mungkin, terpaksa lalu gagal atau sulit sekali ?

Pernah juga ga kamu melakukan sesuatu yg baru dan menantang tapi ternyata setelah dilakukan bisa dengan mudah kamu lalui ?

Percaya dengan bener-bener percaya akan SUKSES maka kamu akan SUKSES

Kata om David J. Schwartz “Kepercayaan akan hasil yang besar adalah kekuatan penggerak”

Orang-orang yang SUKSES adalah orang-orang yang selalu berpikir mereka bakal SUKSES

Jadi kalo kamu punya cita2 kecil maka kamu akan mendapat hasil kecil juga

Untuk bisa berpikir besar maka dibutuhkan sikap dan pola pikir positif, dan yg paling mendasar adalah KEYAKINAN

“STOP berpikir saya ga akan bisa ….”, “Ini terlalu sulit buat saya … “, “Saya belum pengalaman ….”, “Saya bukan ahlinya dibidang ini ….. ”

Karena dengan begitu kamu sudah gagal sebelum melangkah.

Mulai saat ini setiap ada kesempatan didepan hajar dengan pikiran “Saya PASTI BISA ….”. Ganti kata SULIT, SUSAH, GAK MUNGKIN dengan “ini gak mudah, tapi bisa dilakukan”

Kata om David, Otak kita adalah pabrik pikiran yg punya 2 mandor. Satu mandor Kemenangan dan yg satu mandor Kekalahan. Dua2nya sangat patuh sama kita. Kedua mandor ini bekerja sesuai dengan perintah kita …. Enak kan punya mandor yg patuh banget ˆ⌣ˆ. Ditambah … Mandor2 ini bekerja cekatan sekali.

Setiap ada keraguan mandor kekalahan bakal kerja sangat cepat buat mencari 1.000 alesan kenapa kamu harus gagal.

Contoh : kalau kamu mengatakan “hari ini adalah hari yang menyebalkan” maka si mandor kekalahan bakal cepet bekerja dan bilang bahwa hari ini terlalu panas, kerjaan hari ini begitu banyak, teman2 ga ada yg care, orang2 ga ada yg peka.

Begitu juga kalau kamu mengatakan “hari ini adalah hari yang menyenangkan” mandor kemenangan bakal langsung ngacir buat ngeyakinin bahwa panasnya matahari berarti hari ini cerah, hujan yg turun akan terasa begitu menyegarkan, kerjaan yang banyak akan dengan senang dilakukan ˆ⌣ˆ

Nah … Bahayanya …. Semakin sering kamu ngasih perintah sama mandor ini maka dia akan lebih lihai setiap saatnya. Kalo mandor Kekalahan yg banyak dikasih kerja maka dia bakal ngambil tempat lebih banyak di otak. Begitu juga sebaliknya semakin sering mandong Kemenangan kerja maka dia akan menguasai otak kamu

Tindakan yg paling GAUL adalah dengan ga ngasih kerja si mandor kekalahan sampe akhirnya dia resign dari tugasnya ˆ⌣ˆ

Kenapa ? Karena mandor kekalahan ga akan bantuin kita buat mencapai cita2 kita ˆ⌣ˆ

Jadi kita pekerjakan si mandor Kemenangan full time ˆ⌣ˆ

Caranya dengan nyuruh mandor Kemenangan bekerja setiap ada pikiran yang masuk ˆ⌣ˆ dan suruh dia tunjukin gimana caranya biar berhasil ˆ⌣ˆ

Kamu ada yg tau bedanya orng SUKSES dan orang GAGAL ?

Orang sukses selalu mempekerjakan mandor Kemenangan sedangkan orang GAGAL sebaliknya ˆ⌣ˆ

Dengan mempekerjakan mandor Kemenangan Full time kamu bisa melihat peluang dari setiap kegagalan ˆ⌣ˆ

So … Mulai saat ini suruh pikiran kamu buat ngerekam ini di otak :

“Saya orang POSITIF”
“Saya akan SUKSES”
“Saya akan MENANG”
“Saya akan BERHASIL”

HAPUS kata² GAGAL, SUSAH, SULIT, KALAH, GA BISA

Bilangin juga tuh sama otak bahwa kamu itu lebih baik dari apa yg kamu pikir ˆ⌣ˆ

Sekali lagi diingetin buat YAKIN ˆ⌣ˆ

Kalo kamu yakin sama hal2 yg kecil maka siap2 dapet yg kecil

Kalo kamu YAKIN sama yg besar maka sesuatu yg besar bakal siap buat kamu.

Tulisan ini diambil dari akun twitter @CiboChips dengan hash tag #ThinkBig dan telah di edit.

PS:

Saya bukan seorang guru, mentor, coach, atau ustadz ….

Tulisan ini saya buat juga untuk saya sendiri agar selalu ingat akan impian-impian saya dan berjuang sekuat tenaga untuk mewujudkannya

Posted from WordPress for BlackBerry.