GPS Tercanggih Untuk Melalui Tahun 2012

Udah tanggal 31 Desember 2011 nih …

Umumnya kita sibuk, dengan perayaan menyambut malam pergantian tahun, dengan merencanakan berbagai kegiatan yg menurut kita ‘menyenangkan’ seperti nyiapin menu bakar-bakaran, cari info acara-acara publik yg meriah, atau hanya sekedar pergi ke tempat-tempat umum untuk menyaksikan pesta kembang api (fireworks).

Salah ga sih aktifitas rutin dan umum seperti itu ?

Saya sendiri bukan orang yang ikut merayakan pergantian tahun masehi … ˆ⌣ˆ

Tapi saya tetap memandang bahwa ini merupakan momen yang baik bagi saya dan kita semua dalam melakukan perubahan-perubahan dalam hidup.

Saya sangat terkesan dengan ungkapan yang pernah saya dengar “tidak ada yg abadi di dunia ini kecuali perubahan itu sendiri”

Hanya saja, sering kita bingung untuk menentukan kearah mana kita akan berubah, maka kemudian kita akan menjadi korban dari perubahan sekitar kita.

Nah … Agar kita tidak menjadi korban dan tergilas oleh perubahan yang selalu terjadi disekitar kita, baik itu perubahan lingkungan, orang-orang disekeliling kita, atau bahkan perubahan zaman, yuk kita manfaatin momen pergantian tahun ini untuk menentukan perubahan-perubahan yang kita inginkan yang dapat membuat hidup kita lebih bahagia dan mendekatkan kita dan bahkan meraih mimpi-mimpi kita ˆ⌣ˆ

Sebagian orang menyebutnya RESOLUSI, mas @RanggaUmara menuangkannya dalam “Dream Book”, pak @jamilazzaini mengemasnya dalam “Proposal Hidup”

Apapun itu … Yuk kita tentukan perubahan yg akan kita lakukan untuk bisa menjadi seseorang yg kita dambakan ˆ⌣ˆ

Untuk bisa menentukan perubahan yg akan kita lakukan sudah selayaknya kita merenung dan mengetahui di mana “lokasi” kita saat ini ?!? Agar kemudian kita dapat menentukan arah, rute, jenis kendaraan, kebutuhan bahan bakar, kecepatan yang diperlukan, dan kebutuhan lainnya dalam perjalanan kita untuk mencapai “lokasi” yang selalu kita impi-impikan.

Biar kita gak salah nentuin “lokasi” kita saat ini dan arah yang bakal kita lewatin, yuk kita nyalain GPS kita ˆ⌣ˆ, yang merupakan GPS paling canggih di dunia, karena dirancang custom dan limited. Tiap masing-masing kita sudah disediakan GPS yang sudah disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan kita, hebatnya lagi GPS ini diproduksi langsung oleh ALLAH.

So …. Nyalain GPSnya.

Berhenti sejenak lalu tarik nafas dalam-dalam dan keluarkan perlahan dari mulut … (Ulang sebanyak 3x)

Udah pada nyala GPSnya ? ˆ⌣ˆ

Coba dengan kondisi yang lebih tenang saat ini, setelah tarik nafas dalam, cari dimana “lokasi” kita saat ini ?

Mungkin beberapa pertanyaan berikut dapat membantu untuk mengetahui “lokasi” kita saat ini.

1. Apa profesi, pekerjaan, usaha kamu ?

2. Apa jabatan kamu dalam pekerjaan ?

3. Berapa penghasilan kamu sebulan ?

4. Apa pendidikan kamu ?

5. Berapa anak kamu ?

6. …… Dst.

7. ˆ⌣ˆ

Biar mudah untuk mengetahui “lokasi”nya …. Coba deh ditulis …. Dan jangan terbatas sama 7 pertanyaan-pertanyaan diatas doang … explore seluruh informasi yg bisa memetakan “lokasi” kita saat ini dengan tepat ˆ⌣ˆ

Baca sekali lagi semua info tadi perlahan ….

Sekarang …. Lanjuuuuuut ˆ⌣ˆ

Liat pada GPS … “Tempat/lokasi/target/impian/cita-cita” yg mau kita tuju dan harus sampe pada tanggal 31 Desember 2012 (akhir tahun 2012).

Coba tulis juga gede-gede …. “Lokasi” yg mau dituju itu … Trus ada apa aja disana ?

Misalnya :

Memiliki Resto Paling Terkenal di kota anda

(ini lokasi/tempat tujuan kita)

Lalu disana ada :

-omzet 500juta/bulan

-karyawan 20orang

-lokasi di Pusat kota

-resto terdiri dari 3 buah unit ruko 2 lantai yg digabung jadi satu

-dst.

Nah …. Sekarang kita udah tau posisi kita saat ini dan apa yg kita mau kan ˆ⌣ˆ

Masih dengan analogi rute tadi, dari tempat kita sekarang mau ke tujuan, apa aja yg harus kita lewatin ? Berapa belokan ? Berapa lampu lalulintas ? Berapa pusat perbelanjaan ? Berapa terminal ? Berapa bank ? Dll. ˆ⌣ˆ

Maksutnya, kira-kira begini, misalnya saat ini kita ga punya uang, skill, atau relasi buat ngebuka resto tadi …. Berarti kita kudu ….

1. Cari 3 unit ruko 2 lantai yang bisa digabungin dan berlokasi di pusat kota.

2. Siapin menu apa yg jadi andalan kita

3. Cari orang yg mau menjadi investor

4. Cari koki

5. Cari kenalan/relasi sebanyak-banyaknya

6 dst.

Dan HARUS bin WAJIB bin FARDHU kasih deadline dari setiap hal yang bakal kita lewatin tadi (cth. Dapet ruko di pusat kota. Tgl. 15 Februari 2012).

Naaaaaaah ….. Dengan begitu InsyaALLAH kita bakal punya arah perubahan kita sendiri dan ga jadi korban dari perubahan ˆ⌣ˆ

Ada yang HARUS … Sekali lagi HARUS kita pegang teguh dalam menuju “lokasi” yg kita impikan itu ….

Harus itu adalah …. ALASAN KUAT kenapa kita ingin berubah dan untuk siapa kita berubah ….

Dalam perjalanannya nanti mungkin ada aja hambatan atau rintangan yg bakal kita temuin. Seperti rute tadi, menuju lokasi kita, bisa saja di perjalanan kita ketemu macet yang bisa menghambat perjalanan. Pada saat itu, disaat semangat kita sedang turun, inget lagi ALASAN kita …

KENAPA kita ingin BERUBAH ?

UNTUK SIAPA kita BERUBAH ?

Dan saya percaya bahwa tidak ada satupun dari hal-hal dalam tulisan ini yang dapat membuat perubahan pada diri kita tanpa #EKSYEN !, #EKSYEN !, dan #EKSYEN ! Dan libatkan ALLAH dalam setiap langkah perjalanan kita

So …. Sebelum kita sibuk dengan agenda-agenda menyabut perubahan tahun, sudahkah kita menyiapkan agenda perubahan bagi diri kita sendiri ?

PS:

Saya bukan seorang guru, mentor, coach, ustadz ….

Tulisan ini saya buat juga untuk saya sendiri agar saya selalu ingat akan mimpi-mimpi saya dan berjuang sekuat tenaga dengan mengingat terus KENAPA kita ingin BERUBAH ? UNTUK SIAPA kita BERUBAH ?

Posted from WordPress for BlackBerry.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s